-->
feedburner
Berlangganan artikel Anak Muda via RSS FEED

Delivered by FeedBurner

feedburner count

Berita Utama (Headline News)

Apa Definisi "CINTA" bagi Mu ??...

Labels:
  • Agregar a Technorati
  • Agregar a Del.icio.us
  • Agregar a DiggIt!
  • Agregar a Yahoo!
  • Agregar a Google
  • Agregar a Meneame
  • Agregar a Furl
  • Agregar a Reddit
  • Agregar a Magnolia
  • Agregar a Blinklist
  • Agregar a Blogmarks

Apa Definisi CINTA bagi Mu ??...
Cinta itu unik, cinta itu anugerah, hadiah terindah sekaligus terburuk bagi setiap kita,
Cinta itu egois, sakit namun manis....cinta itu rumit, sulit kita lukiskan namun indah kita
rasakan...
Cinta itu luka tapi dia obat bagi semua orang yang membutuhkan...
Cinta itu teka-teki, misteri yang tidak akan habis kita pecahkan....
Cinta itu kisah, kisah yang tidak akan pernah berakhir...
Cinta itu bagian dari kesalahan dan pembenaran kehidupan,

Yang pasti setiap orang butuh cinta, tapi kadang cinta tidak butuh seorang untuk bisa bertahan.....
ah cinta..memang tidak ada habisnya.... :love:
atau Cinta menurut Mas Bozan yang anakmuda kutip dari Yahoo answer indonesia, katanya cinta itu begini :
Cinta.......

buat gw cinta adalah:

minta Jemput melulu....
doyan belanja..........
ngambek melulu.....
banyak ngatur dan banyak maunya......

tp kalo cinta sudah berakhir..... mau mampos rasanya.....
mau seneng2 tetep BT, mengucilkan diri sendiri...malah tambah BT

Intinya.......Awal Cinta begitu indah, Pertengahan cinta sedikit melelahkan, akhir dari cinta menyakitkan.... :konslet:
ha..ha..mungkin bener apa kata Mas Bozan...tapi entahlah!!, atau CinTA = "Ciuman Tanpa Akhir"... hix..ix.. (ups censored uncensored), kata "Cinta" sangat banyak bertebaran dimana-mana seperti pada film yang kita tonton atau lagu yang sering kita denger semua tidak jauh dari tema cinta, malah anakmuda pernah denger lagu dangdut yang liriknya gini : "hidup tanpa cinta bagai taman tak berbunga"....(hayyah hiperbola) memang kata yang satu ini selalu menarik perhatian dari setiap individu karena memang sangat dekat dan setiap orang pasti merasakannya jadi wajar saja bila diri kita mengartikan arti "Cinta" sesuai dengan kisah dan pengalaman dalam mengarungi kehidupan, lalu apa yang dimaksud Cinta itu???, apakah hanya sebatas kata-kata ataukah sebuah perasaan yang sulit dilukiskan dengan kata-kata??..


Sebenarnya kata cinta sudah melekat dalam penciptaan Nabi Adam, dengan dilatarbelakangi Rahman dan Rahim-nya Allah sehingga diciptakannya seorang manusia dari tanah untuk diberikan peranan menjadi khalifah dimuka bumi, itu semua dilakukan karna rasa cinta-Nya Allah, dan ketika Nabi Adam merasa kesepian disurga-Nya yang luas maka kemudian diciptakannya Hawa dari tulang rusuk Nabi Adam, dengan harapan Nabi Adam tidak kesepian lagi dengan adanya pendamping seorang Hawa...lalu apa Cinta itu, apakah cinta berarti adanya pendamping hidup, agar bisa saling berbagi??...

Kemudian karena Cinta jugalah peristiwa Habil dan Qabil menjadi sebuah kisah berdarah pertama dimuka bumi, memang cinta menjadi sesuatu yang rumit untuk kita bicarakan, tapi bila tidak ada cinta tidak akan ada kisah seorang Julius Caesar, seorang penguasa Roma yang gagah perkasa rela meninggalkan tahtanya hanya untuk bersama Cleopatra atau seorang Napoleon yang terkenal perkasanya takluk tak berdaya didepan wanita, atau cerita kisah cinta Romeo dan Juliet yang terkenal keseluruh penjuru dunia. lalu apakah Cinta adalah sebuah pengorbanan yang patut dipertahankan walau harus meregang nyawa???....ataukah hanya menjadi sebuah "Prahara Yang Membawa Nestafa"??...

Cinta...cinta...kata yang tak pernah habis dibahas, ketika cinta berlabuh semua ingin dimilikinya, direbut serta dirampas agar hanya dia yang dapat menikmatinya tak perduli dengan orang lain, sehingga kadang cinta sarat dengan istilah "Cinta itu buta" buta dari segala yang nyata dan benar..., pedang bermata terbalik yang suatu saat dapat menghujam dan menyabik-nyabik pemiliknya, terlalu banyak yang mengartikan cinta !!!..mendefinisikan melalui bentuk perasaan, ucapan serta perbuatan bagi mereka yang sedang mengalaminya, padahal mereka sendiri juga sedang mencari makna dari sebuah kata "Cinta".

Cinta

Cinta adalah sebuah perasaan yang ingin membagi bersama atau sebuah perasaan Afeksi terhadap seseorang. Pendapat lainnya, cinta adalah sebuah aksi/kegiatan aktif yang dilakukan manusia terhadap objek lain, berupa pengorbanan diri, empati, perhatian, memberikan kasih sayang, membantu, menuruti perkataan, mengikuti, patuh, dan mau melakukan apapun yang diinginkan objek tersebut.

Para pakar telah mendefinisikan dan memilah-milah istilah ini yang pengertiannya sangat rumit. Antara lain mereka membedakan:

1. Cinta terhadap keluarga
2. Cinta terhadap teman-teman, atau philia
3. Cinta yang romantis atau juga disebut asmara
4. Cinta yang hanya merupakan hawa nafsu atau cinta eros
5. Cinta sesama atau juga disebut kasih sayang atau agape
6. Cinta dirinya sendiri, yang disebut narsisisme
7. Cinta akan sebuah konsep tertentu
8. Cinta akan negaranya atau patriotisme
9. Cinta akan bangsa atau nasionalisme

Beberapa bahasa, termasuk bahasa Indonesia atau bahasa Melayu apabila dibandingkan dengan beberapa bahasa mutakhir di Eropa, terlihat lebih banyak kosakatanya dalam mengungkapkan konsep ini. Termasuk juga bahasa Yunani kuno, yang membedakan antara tiga atau lebih konsep diantaranya :
  1. Eros
    Eros adalah yang berarti cinta berdasarkan hawa nafsu saja. Kata turunan adalah 'erotis'. Dalam mitologi Yunani, Eros diceritakan sebagai anak dari Aphrodite, dewi kecantikan Venus dalam bahasa Romawi). Dalam kepercayaan Romawi, Eros juga disebut Kupid atau Cupido, dan dilambangkan dengan anak kecil bersayap yang selalu membawa busur dan anak panah. Ada sebuah cerita yang mengatakan Eros bahkan memiliki hubungan antar pria dan wanita dengan ibunya sendiri.

    Eros membantu manusia maupun dewa dalam urusan percintaan. Anak panahnya tidak akan meleset, hati yang tertembus olehnya akan dipenuhi oleh cinta.

  2. Philia
    Philia (φιλία philos) adalah cinta tahap kedua. Ia adalah kecintaan luhur dan tumbuh hasil daripada persahabatan mendalam sehingga menerbitkan rasa 'kami' atau 'kita'.

    Philia tidak hanya memikirkan keinginan untuk menuntut tetapi juga ingin memberi. Ia suatu kecintaan bermakna, melebihi sekadar sukatan material.

    cinta yang seperti ini adalah cinta yang lebih mulia dari keegoisan. karena manusia yang bermanfaat adalah manusia yang dapat membuat manusialain tersenyum senang saat berada disampnmingnya.

  3. Agape
    Agape adalah bentuk cinta tanpa batas, kerap dicontohkan dengan cinta Tuhan terhadap ciptaan-Nya.

    Menurut orang Kristen, kasih Allah ini diberikan kepada manusia yang percaya kepada Yesus Kristus; pada Pentakosta (hari ke-50 setelah kebangkitan Yesus dari kematian) kasih Allah ini diberikan sehingga setiap orang yang percaya dapat mengikuti jejak Yesus Kristus dan memanggil penciptanya Bapak.

    Dalam Islam, salah satu nama Alloh adalah Al Waduud (الودود) yang berarti Maha Menyintai. Hal tersebut tercantum dalam Al Qur'an surat Hud (هود) ayat 90 dan surat Surat Al Buruuj (البروج) ayat 14, yang menyebut Alloh "penuh dengan kasih sayang".
dalam konsep diatas bentuk cinta yang paling tinggi adalah Agape, Cinta Tuhan terhadap ciptaan-Nya, "Cinta yang selalu memberi tanpa menuntut balasan", wah klo yang ini berat dah.. :puppyeyes:

Mendefinisikan cinta

Menurut Erich Fromm cinta adalah perasaan simpati yang melibatkan emosi yang mendalam, ada 4 syarat untuk mewujudkan cinta kasih, yaitu :

1. Pengenalan
2. Tanggung jawab
3. Perhatian
4. Saling menghormati

Seperti banyak jenis kekasih, ada banyak jenis cinta. Cinta berada di seluruh semua kebudayaan manusia. Oleh karena perbedaan kebudayaan ini, maka pendefinisian dari cinta pun sulit ditetapkan. Lihat hipotesis Sapir-Whorf.

Ekspresi cinta dapat termasuk cinta kepada 'jiwa' atau pikiran, cinta hukum dan organisasi, cinta badan, cinta alam, cinta makanan, cinta uang, cinta belajar, cinta kuasa, cinta keterkenalan, dll. Cinta lebih berarah ke konsep abstrak, lebih mudah dialami daripada dijelaskan.

Cinta kasih yang sudah ada perlu selalu dijaga agar dapat dipertahankan keindahannya


Cinta antar pribadi

Cinta antar pribadi menunjuk kepada cinta antara manusia.
Beberapa unsur yang sering ada dalam cinta antar pribadi:

Energi seksual dapat menjadi unsur paling penting dalam menentukan bentuk hubungan. Namun atraksi seksual sering menimbulkan sebuah ikatan baru, keinginan seksual dianggap tidak baik atau tidak sepantasnya dalam beberapa ikatan cinta. Dalam banyak agama dan sistem etik hal ini dianggap salah bila memiliki keinginan seksual kepada keluarga dekat, anak, atau diluar hubungan berkomitmen. Tetapi banyak cara untuk mengungkapkan rasa kasih sayang tanpa seks. Afeksi, keintiman emosi dan hobby yang sama sangat biasa dalam berteman dan saudara di seluruh manusia.

kemudian definisi umum dari Cinta adalah sebagai berikut :
  1. Cinta itu KOMITMEN
    Sesuatu yang tidak boleh dipermainkan, cinta perlu komitmen kesepakatan antara 2 belah pihak untuk saling berjanji, sebagai contoh: komitmen seorang suami terhadap istrinya adalah bertanggung jawab memberi nafkah kepada istri dan anak-anaknya, serta menjaga agar semua anggota keluarga merasa aman, komitmen istri adalah menjadi istri solehah yang mendidik dan membesarkan anak-anaknya secara benar dan lurus

  2. Cinta itu intuitive: NALURI
    Cinta yang datang dengan sendirinya seperti Kasih sayang seorang Ibu terhadap anak-anaknya.

  3. Cinta itu FITRAH
    Fitrah seperti penciptaan Adam dan Hawa, Rasa ingin disayanagi dan menyayangi itu fitrah manusia. Yang wanita menyukai pria atau sebaliknya seorang pria jatuh cinta pada seorang wanita. Cinta itu benar dan suci.

  4. Cinta sering terletak di puncak: TOP
    Bila ada rasa cinta, kita akan sama-sama bekerjasama, saling mengasihi. Itulah nilai yang mengikat kita semua untuk terus bersatu. Sekuat cinta Tuhan yang memberikan berbagai nikmat hidup, cinta itu di puncak kehidupan.

  5. Cinta itu sifatnya ALTRUISTIC.
    Altruistik maknanya melebihkan orang lain dari diri sendiri. Dalam lughah disebut al-itsar. yang artinya pengorbanan, makna hidup pada memberi. Bila cinta, kita sanggup berkorban untuk yang kita cinta dan kasihi

    Bila ada niat untuk membahagiakan yang lain, maka kita akan usahakan yang terbaik untuk memenuhi kehidupannya dengan bahagia dan sempurna. bila kita menolong orang, Allah akan membantu kita, menambah nikmat untuk kita. Indahnya…..
Dibawah ini syair yang anakmuda ambil dari lagunya Cinta - Melly feat KD

Cinta - Melly Goeslaw feat. Krisdayanti

menapak jalan yg menjauh
tentukan arah yg ku mau
tempatkan aku pada satu peristiwa
yg membuat hati lara

di dekat engkau aku tenang
sendu matamu penuh tanya
misteri hidup akankah menghilang
dan bahagia di akhir cerita

cinta, tegarkan hatiku
tak mau sesuatu merenggut engkau
naluriku berkata, tak ingin terulang lagi
kehilangan cinta, hati bagai raga tak bernyawa

aku junjung petuahmu
cintai dia yg mencintaiku
hatinya dulu berlayar, kini telah menepi
bukankah hidup kita akhirnya harus bahagia

di dekat engkau aku tenang
sendu matamu penuh tanya
misteri hidup akankah menghilang
dan bahagia di akhir cerita

cinta biar saja ada
yg terjadi biar saja terjadi
bagaimana pun hidup hanya cerita
cerita tentang yg meninggalkan
dan yg ditinggalkan
cinta :inlove:

Memang bila membahas Cinta tidak akan ada habisnya, tetapi sejatinya cinta kita yang tertinggi kita tempatkan pada cinta kepada Sang Pencipta (Allah SWT), karena cinta itulah yang sebenar-benarnya cinta.....

Jadi apa arti cinta menurut Mu ????......:ha?:

Reference :




Baca Artikel Terkait Dibawah Ini :



28 comments:
gravatar
Pak Rt said...
10 November 2008 at 20:36  

Aku sedang ingin bercinta,..karena
Mungkin ada kamu(laen kamu yg punya blog) disini...
Ayo anak muda kobarkan semangat bercinta,..
haiiiyaaah!

gravatar
[googleholic] said...
10 November 2008 at 20:37  

Nikahlah setelah itu Bercintalah!
nyambung??

gravatar
Anak Muda said...
10 November 2008 at 20:47  

Pak Ngetre > Oalah..pak....pie toh??......memicu api bercinta aje nih.... ;)) tapi kayaknya kebanyakan anakmuda sekarang lebih setuju Bercinta dulu baru Nikah (itu juga klo ketauan..... =)) ?...klo gak ketauan ya uuuuennak tenan :)) )

gravatar
Rizky_bejo said...
11 November 2008 at 00:42  

SETUJU>....... emangk UENAK tenan heheheheheh...:D

gravatar
Erlan said...
13 November 2008 at 08:41  

ya cinta tuh kyak yang nak muda bilang sejuta rasanya macam macam dechh kayak gado2 betawiii :))

gravatar
Anak Muda said...
13 November 2008 at 08:49  

Erlan > yoi bro... ;;)

gravatar
Ms Lucky said...
24 November 2008 at 14:34  

widìh lengkap amir itw penjelasannya ...

Thanks y bro

please visited my blog @ celotehansaia.Blogspot.Com

gravatar
s99 said...
15 August 2010 at 22:26  

cinta itu , juga memberi tanpa mengharap balasan gak ? ,. tpi sangat jarang ditemui..
kbnyakan ketika memberi cinta, tentu sangat berharap cintanya terbalas. :D

gravatar
sandi said...
12 March 2011 at 12:07  

wow,,,cinta,,,,
ada apa denganmu (peterpen)

gravatar
foredi banjarmasin said...
13 July 2011 at 09:33  

Setelah membaca Artikel dan Info, saya jadi ingin mencoba,salam sukses

gravatar
obat alternatif kanker payudara said...
6 September 2011 at 13:31  

uchhh jdi banyak tau tengtang cinta...
:))

gravatar
cara mencegah ejakulasi dini said...
19 September 2011 at 10:19  

Amazing artikel…. Semoga saya bisa praktekan tipsnya dan berhasil

gravatar
cara mengatasi ejakulasi dini said...
19 September 2011 at 10:26  

Info menarik dan boleh sekali dicoba, Makasih buat infonya dan sukses selalu.

gravatar
cream pembesar payudara said...
25 January 2012 at 08:59  

Setelah membaca Info dan Artikel, saya jadi ingin mencoba. Salam Sukses

gravatar
cara memperbesar payudara said...
25 January 2012 at 09:02  

cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

gravatar
cara membesarkan payudara said...
25 January 2012 at 09:11  

boleh di coba

gravatar
tips memperbesar payudara said...
25 January 2012 at 09:13  

Tips yang cerdas cuma di Wibesite ini banyak kumpulan Artikel bagus. harus dicoba. salam sukses

gravatar
ambrace said...
25 January 2012 at 09:17  

Amazing artikel, Infonya bagus banyak mengandung Tips dan Pesan yang bermutu. salam sukses

gravatar
bra pembesar payudara said...
25 January 2012 at 09:19  

Tips dan Info menarik, boleh dicoba, Semoga berhasil

gravatar
cara memutihkan kulit badan said...
25 January 2012 at 09:56  

Setelah membuka Wibesite ini, saya menemukan Artikel yang Amazing dan infonya boleh dicoba. Sukses selalu

gravatar
cara memutihkan kulit said...
25 January 2012 at 10:01  

Artikel Menarik terutama Infonya, boleh dicoba. Salam sukses

gravatar
cara memutihkan kulit tubuh said...
25 January 2012 at 10:06  

Wibesite yang sangat Amazing, Artikel dan Tipsnya boleh dicoba. Semangat !!

gravatar
minyak bulus said...
25 January 2012 at 10:08  

Amazing artikel, Infonya bagus banyak mengandung Tips dan Pesan yang bermutu. salam sukses

gravatar
tips memutihkan kulit said...
25 January 2012 at 11:04  

Tips dan Info menarik, boleh dicoba, Semoga berhasil

gravatar
pemutih tubuh said...
25 January 2012 at 11:17  

Info dan Tulisannya Amazing, boeh dicoba. Sukses selalu

gravatar
pemutih badan said...
25 January 2012 at 11:24  

Terimakasih Artikelnya bermanfaat dan Infonya menambah Ilmu pengetahuan. Harus dicoba. Semoga berhasil

gravatar
ricky van regar said...
20 August 2015 at 20:34  

Arti CINTA :
Suatu SENSASI PERASAAN untuk SELALU INGIN BERDEKATAN/BERSAMA dengan si OBJEK ( Manusia atau Benda2 ) , baik dalam keadaan memilikinya maupun tidak.

gravatar
Unknown said...
14 September 2015 at 15:51  

餐飲設備 製冰機 洗碗機 咖啡機 冷凍冷藏冰箱 蒸烤箱 關島婚禮 巴里島機票 彈簧床 床墊 獨立筒床墊 乳膠床墊 床墊工廠 產後護理之家 月子中心 坐月子中心 坐月子 月子餐 銀行貸款 信用貸款 個人信貸 房屋貸款 房屋轉增貸 房貸二胎 房屋二胎 銀行二胎 土地貸款 農地貸款 情趣用品 情趣用品 腳臭 長灘島 長灘島旅遊 ssd固態硬碟 外接式硬碟 記憶體 SD記憶卡 隨身碟 SD記憶卡 婚禮顧問 婚禮顧問 水晶 花蓮民宿 血糖機 血壓計 洗鼻器 熱敷墊 體脂計 化痰機 氧氣製造機 氣墊床 電動病床 ソリッドステートドライブ USB フラッシュドライブ SD シリーズ

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Tulis Komentarnya disini ya...(Untuk menampilkan emoticon ketik karakter disebelahnya)