-->
feedburner
Berlangganan artikel Anak Muda via RSS FEED

Delivered by FeedBurner

feedburner count

Berita Utama (Headline News)

Surat Wasiat Charli Chaplin Kepada Putrinya

Labels:
  • Agregar a Technorati
  • Agregar a Del.icio.us
  • Agregar a DiggIt!
  • Agregar a Yahoo!
  • Agregar a Google
  • Agregar a Meneame
  • Agregar a Furl
  • Agregar a Reddit
  • Agregar a Magnolia
  • Agregar a Blinklist
  • Agregar a Blogmarks

Surat yang begitu indah, ternyata tempaan dan ujian dalam perjalanan hidup membuat seseorang semakin menyadari akan dirinya dari mana ia berasal, menyadari bahwa kemampuan serta semuanya yang dimilikinya sekarang bukan sesuatu yang bisa dijadikan sebuah keangkuhan tapi menjadikan dirinya semakin rendah diri, seperti ilmu padi "Semakin berisi, semakin menunduk" halah bahasanya ha..ha...
Didikan Bapak kepada anaknya yang seperti ini yang patut dan harus dicontoh oleh semua orang tua dimanapun didunia ini...

Geraldine putriku, aku jauh darimu, namun sekejap pun wajahmu tidak pernah jauh dari benakku. Tapi kau dimana? Di Paris di atas panggung teater megah… aku tahu ini bahwa dalam kehengingan malam, aku mendengar langkahmu. Aku mendengar peranmu di teater itu, kau tampil sebagai putri penguasa yang ditawan oleh bangsa Tartar.

Geraldine, jadilah kau pemeran bintang namun jika kau mendengar pujian para pemirsa dan kau mencium harum memabukkan bunga-bunga yang dikirim untukmu, waspadailah. Duduklah dan bacalah surat ini… aku adalah ayahmu. Kini adalah giliranmu untuk tampil dan menggapai puncak kebanggan. Kini adalah giliranmu untuk melayang ke angkasa bersama riuh suara tepuk tangan para pemirsa. Terbanglah ke angkasa namun sekali-kali pijakkan kakimu di bumi dan saksikanlah kehidupan masyarakat. Kehidupan yang mereka tampilkan dengan perut kosong kelaparan di saat kedua kaki mereka bergemetar karena kemiskinan. Dulu aku juga salah satu dari mereka.

Geraldine putriku, kau tidak mengenalku dengan baik. Pada malam-malam saat jauh darimu aku menceritakan banyak kisah kepadamu namun aku tidak pernah mengungkapkan penderitaan dan kesedihanku. Ini juga kisah yang menarik. Cerita tentang seorang badut lapar yang menyanyi dan menerima sedekah di tempat terburuk di London. Ini adalah ceritaku. Aku telah merasakan kelaparan. Aku merasakan pedihnya kemiskinan. Yang lebih parah lagi, aku telah merasakan penderitaan dan kehinaan badut gelandangan itu yang menyimpan gelombang lautan kebanggaan dalam hatinya. Aku juga merasakan bahwa uang recehan sedekah pejalan kaki itu sama sekali tidak meruntuhkan harga dirinya. Meski demikian aku tetap hidup.

Geraldine putriku, dunia yang kau hidup di dalamnya adalah dunia seni dan musik. Tengah malam saat kau keluar dari gedung teater itu, lupakanlah para pemuja kaya itu. Tapi kepada sopir taksi yang mengantarmu pulang ke rumah, tanyakanlah keadaan istrinya. Jika dia tidak punya uang untuk membeli pakaian untuk anaknya, sisipkanlah uang di sakunya secara sembunyi-sembunyi.

Geraldine putriku, aku telah memerintahkan kepada wakilku di Paris untuk memberikan sejumlah uang untuk keperluanmu tanpa menanyakan kebutuhanmu. Namun bila engkau punya pengeluaran untuk orang lain, maka engkau harus mengirimkan bukti pembayarannya.

Geraldine putriku, sesekali naiklah bus dan kereta bawah tanah. Perhatikanlah masyarakat. Kenalilah para janda dan anak-anak yatim dan paling tidak untuk satu hari saja katakan: “Aku juga bagian dari mereka”. Pada hakikatnya kau benar-benar seperti mereka. Seni sebelum memberikan dua sayap kepada manusia untuk bisa terbang, ia akan mematahkan kedua kakinya terlebih dahulu. Ketika kau merasa sudah berada di atas angin, saat itu juga tinggalkanlah teater dan pergilah ke pinggiran Paris dengan taksimu. Aku mengenal dengan baik wilayah itu. Di situ kau akan menyaksikan para seniman sepertimu. Mereka berakting lebih indah dan lebih menghayati daripada kamu. Bedanya di situ tidak akan kau temukan gemerlap lampu seperti di teatermu. Ketahuliah bahwa selalu ada orang yang berakting lebih baik darimu. Engkau juga perlu tahu bahwa tidak pernah ada salah satu anggota keluarga Chaplin yang begitu sombong mencerca seorang pengemis atau seorang senniman di sekitar Paris.

Geraldine putriku, aku mengirimkan cek ini untukmu, belanjakanlah sesuka hatimu. Namun ketika kau ingin membelanjakan dua franc, berpikirlah bahwa franc ketiga bukan milikmu. Itu adalah milik seorang miskin yang memerlukannya. Jika kau menghendakinya, kau dapat menemukan orang miskin itu dengan sangat mudah. Jika aku banyak berbicara kepadamu tentang uang, itu karena aku mengetahui kekuatan ‘anak setan’ ini dalam menipu…..

Aku tinggal lama di tempat sirkus, dan aku merasa khawatir setiap kali melihat para pemain akrobat yang bergantungan pada tali yang tipis dan bergetar. Namun putriku, aku harus mengucapkan sebuah realita padamu bahwa rakyat kokoh berdiri di atas bumi yang luas, tapi lebih banyak yang terjatuh ketimbang para pemain akrobat yang bergantungan di tali itu.

Geraldine, ini ayahmu tengah berbicara denganmu. Mungkin suatu malam gemerlap ada sebuah berlian paling mahal di dunia yang menipumu. Pada malam itu, berlian tersebut menjadi tali yang tidak kokoh di bawah kakimu dan kejatuhanmu sudah pasti terjadi… Suatu hari ketika seorang bangsawan tampan secara licik menipumu, agar engkau bermain dengan tali sirkus, maka perlu kau ketahui bahwa para pemain amatir tali sirkus bakal terjatuh.

Jangan tambatkan hatimu pada emas dan perhiasan lainnya. Berlian paling besar di dunia ini adalah matahari yang bersinar menyinari seluruh alam. Namun bila suatu hari engkau menambatkan hatimu kepada seorang pria yang punya hati bak mentari, satukan hatimu dengannya, cintailah ia dengan sunguh-sungguh dan apa yang engkau lakukan itu sebagai kewajiban. Dia lebih layak mendefinisikan cinta yang berarti satu hati, ketimbang aku…

Putriku, seorang wanita tidak layak menelanjangi dirinya karena seseorang dan sesuatu apa pun itu… Ketelanjangan adalah penyakit zaman kita. Menurut pendapatku, tubuhmu hanya menjadi milik seseorang yang ruhnya telanjang untukmu.

Geraldine putriku, masih ada banyak hal yang akan aku ceritakan kepadamu, namun aku akan menceritakannya di kesempatan lain. Dan aku akhiri suratku ini dengan;
“Jadilah manusia, suci dan satu hati; karena lapar, menerima sedekah, dan mati dalam kemiskinan, seribukali lebih mudah dari pada kehinaan dan tidak memiliki perasaan”.



Baca Artikel Terkait Dibawah Ini :



50 comments:
gravatar
celebs said...
25 June 2009 at 13:42  

bagus infonya

gravatar
celebs said...
25 June 2009 at 13:43  

bro salam blogger master

biar tambah terkenal link mu sudah kupasang di web ku check disini hxxp://yoursmiless.blogspot.com/2009/06/high-pr.html

pasang balik punyaku yaa
hxxp://yoursmiless.blogspot.com/
makasih sebelumnya

ganti link xx dengan tt

gravatar
soulharmony said...
28 June 2009 at 10:11  

Kunjungan Persaudaraan
Salam Persaudaraan dari Komunitas Blogger KalSel 'Kayuh Baimbai' (http://kayuhbaimbai.org).

Salam Blogger

Soulharmony (085251534313/081952954056)

gravatar
Oby nothing spesial said...
10 January 2010 at 15:48  

ternyata caplin sangat perhatian kepada anaknya ya......
nice inpoo gan
kalo ada waktu mampir yah
http://obysyam.blogspot.com/

gravatar
feekyu said...
13 May 2010 at 13:35  

Caplin deh!!!

gravatar
Muhammad Chandra said...
27 July 2010 at 20:03  

salam kenal dari saya
di tunggu kunjungan baliknya...
________________________________
salam :

Batch file programming | Keajaiban Om Google |Tips dan Trick Komputer | Free Software

gravatar
sulthon said...
13 August 2010 at 15:33  

salam kenal mas blognya bagus aku mau minta tolong kunjungi blogku
blogku nih lagi sepi banget

http://www.masmubarok.co.cc/

gravatar
Faizal | Akselera said...
22 August 2010 at 10:49  

ternyata caplin sangat perhatian kepada anaknya ya.

gravatar
Let's Share Together said...
30 November 2010 at 22:43  

thanks bos infonya :)
i love charlie caplin :)

gravatar
pulsa murah said...
29 January 2011 at 12:31  

cerminan rasa sayang dan cinta seorang ayah kepada anaknya

gravatar
foredi gel malang said...
27 April 2011 at 11:01  

Info menarik dan boleh sekali dicoba, Makasih buat infonya dan sukses selalu.

gravatar
obat alternatif said...
5 June 2011 at 23:19  

wasiat yang sangat bermakna untuk di renungkan...
sharing yang sangat bagus...

gravatar
Seven Souls said...
8 August 2011 at 11:09  

wow, he is gorgeous, on the way he understanding his position and leave some things for next generation. Thanks for sharing :)


http://trusted-best-paid-ptc.blogspot.com/

gravatar
agen xamthone plus medan said...
25 August 2011 at 11:43  

wasiatnya panjang juga ya
hehee :)]

gravatar
Obat Herbal Gagal Ginjal said...
16 September 2011 at 10:10  

pesan yang sangat berkualitas,...
jarang banget orang tua yang memiliki pandangan seperti itu. salut banget,.. buat Charli Chaplin

gravatar
Anonymous said...
4 October 2011 at 09:39  

nice blog

salam knal ya

http://fashionpria.indoprofile.com

gravatar
Anonymous said...
3 November 2011 at 16:22  

memang benar,setelah saya lihat sodara" saya ternyata byk yg miskin,saya merasa tidak boleh sombong.karna masi byk keluarga yg kekurangan

gravatar
VPS Murah said...
13 November 2011 at 17:21  

menyentuh surat wasiatnya..

gravatar
Planet Motivasi said...
23 November 2011 at 10:57  

GREAT :D

gravatar
jasa penerjemah tersumpah said...
5 December 2011 at 19:11  

wahhh, terharu sob...salam kenal n sukses selalu.thanks

gravatar
obat herbal jeli gamat segala penyakit said...
23 January 2012 at 11:06  

waiat yang sangat mendidik, semoga saya menjadi salah satu orang yang peduli terhadap orang2 dibawah saya. aamiin

gravatar
obat herbal orimarru segala penyakit said...
23 January 2012 at 11:09  

seandainya saya dikasih wasiat ama orang tua saya dengan harta yang banyak, insya Allah akan kujadikan sesuatu yang bermanfaat bagi orang banyak terutama bagi yang membutuhkan. aamiin...

gravatar
Obat Tradisional Hiv Aids said...
24 January 2012 at 10:01  

semoga berjalan dengan lancar ya surat wasiatnya,kasihan juga denger cerita di atas harus kaya gitu...

gravatar
cream pembesar payudara said...
25 January 2012 at 08:59  

Setelah membaca Info dan Artikel, saya jadi ingin mencoba. Salam Sukses

gravatar
cara memperbesar payudara said...
25 January 2012 at 09:02  

cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

gravatar
cara membesarkan payudara said...
25 January 2012 at 09:10  

Tulisan dan Tipsnya sangat bermanfaat dan Infomatif. wajib dicoba. sukses selalu.

gravatar
cara memperbesar payudara said...
25 January 2012 at 09:13  

Tips yang cerdas cuma di Wibesite ini banyak kumpulan Artikel bagus. harus dicoba. salam sukses

gravatar
ambrace said...
25 January 2012 at 09:16  

Amazing artikel, Infonya bagus banyak mengandung Tips dan Pesan yang bermutu. salam sukses

gravatar
bra pembesar payudara said...
25 January 2012 at 09:19  

Tips dan Info menarik, boleh dicoba, Semoga berhasil

gravatar
cara memutihkan kulit badan said...
25 January 2012 at 09:56  

Setelah membuka Wibesite ini, saya menemukan Artikel yang Amazing dan infonya boleh dicoba. Sukses selalu

gravatar
cara memutihkan kulit said...
25 January 2012 at 10:01  

Artikel Menarik terutama Infonya, boleh dicoba. Salam sukses

gravatar
cara memutihkan kulit tubuh said...
25 January 2012 at 10:05  

Wibesite yang sangat Amazing, Artikel dan Tipsnya boleh dicoba. Semangat !!

gravatar
minyak bulus said...
25 January 2012 at 10:09  

Amazing artikel, Infonya bagus banyak mengandung Tips dan Pesan yang bermutu. salam sukses

gravatar
tips memutihkan kulit said...
25 January 2012 at 11:04  

Tips dan Info menarik, boleh dicoba, Semoga berhasil

gravatar
pemutih tubuh said...
25 January 2012 at 11:17  

Info dan Tulisannya Amazing, boeh dicoba. Sukses selalu

gravatar
pemutih badan said...
25 January 2012 at 11:24  

Terimakasih Artikelnya bermanfaat dan Infonya menambah Ilmu pengetahuan. Harus dicoba. Semoga berhasil

gravatar
pemutih badan said...
25 January 2012 at 11:30  

setelah saya mencari cari di beberapa Wibesite , saya menemukan Artikel yang Bagus dan bermanfaat. Patut di coba, sukses selalu

gravatar
obatsehat said...
1 February 2012 at 01:06  

setelah saya mencari cari di beberapa Wibesite , saya menemukan Artikel yang Bagus dan bermanfaat. Patut di coba, sukses selalu

gravatar
Obat Tradisional Penyakit Jantung said...
1 February 2012 at 10:20  

di bagi yang rata ya???saya juga bakalan ketetelan ni kayanya hehe...

gravatar
xamthone plus said...
11 February 2012 at 09:21  

nice infonya gan...

gravatar
xamthone said...
17 February 2012 at 09:50  

nice info...

gravatar
Obat Alami Diabetes said...
18 February 2012 at 10:59  

ya ampun suratnya so sweet banget , penuh makna yang baik .

gravatar
Terapi Pengobatan Penyakit Jantung said...
20 February 2012 at 15:30  

betul betul bisa membuat saya terenyuh surat dari seorang seniman teater . .

gravatar
Mustika said...
26 February 2012 at 21:11  

meleleh hati ini membaca nya mas..salam kenal

gravatar
xamthone plus said...
27 February 2012 at 08:52  

maasih banyak infonya...

gravatar
obat herbal asam urat said...
2 March 2012 at 09:38  

nice info gan..

gravatar
obat herbal diabetes mellitus said...
6 March 2012 at 15:05  

makasih gan infonya...

gravatar
Cara ampuh mengobati infeksi saluran kemih said...
10 March 2012 at 12:41  

perhatian banget papanya :)
jadi kangent dch sam orang rumahh ...:)

gravatar
Obat tbc herbal said...
25 June 2012 at 11:20  

sangat mengharukan sekali ye,,,,

gravatar
Obat Lemah Syahwat said...
22 August 2013 at 08:16  

sedih amat :D

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Tulis Komentarnya disini ya...(Untuk menampilkan emoticon ketik karakter disebelahnya)